Senin, 23 Agustus 2010

inilah prestasi dunia medis, operasi ganti kaki kucing



Seekor kucing sekarang telah memiliki sepasang kaki bionik setelah operasi yang terhadapnya berhasil dilakukan.

Ini merupakan operasi implan kaki kucing pertama yang dilakukan di dunia. Operasi ini dilakukan oleh Surrey vet Noel Fitzpatrick. Operasi ini juga nantinya bisa diterapkan pada manusia yang tidak memiliki kaki.

Oscar kehilangan kedua kakinya di bagian belakang dikarenakan alat pemotong rumput, tapi kini dia bisa berlari dan melompat lagi berkat kaki implan mekanis.

Kedua kaki tersebut dibor hingga ke pergelangan kakinya kemudian menggunakan bahan-bahan yang memungkinkan tulang dan kulit bisa tumbuh di kaki bionik itu.

Sehari setelah operasi yang menghabiskan biaya sekira Rp54 juta, Oscar mulai belajar untuk berdiri.

Empat bulan setelah operasi rampung, Oscar kini sudah bisa berlari. Dr Fitzpatrick mengatakan, teknik ini bisa digunakan untuk masa depan di dunia ortopedi.

Kaki palsu tersebut di dikembangkan oleh sebuah tim dari Universitas College London dipimpin oleh Profesor Gordon Blunn.

Seperti dilansir dari orange.co.uk, Senin (28/6/2010), Profesor Blunn dan rekan satu timnya bekerja sama dengan Fitzpatrick untuk mengembangkan implan dengan berat yang seimbang, penggabungan antara tehnik dan biologi.

Teknologi seperti ini sebelumnya pernah digunakan untuk membuat lengan palsu untuk seorang wanita yang kehilangan tangannya saat pemboman yang terjadi di London pada Juli 2005.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post