Senin, 23 Agustus 2010

Bunga Raflesia Khas Indonesia Tumbuh Di Daratan Amerika



Pengunjung sebuah taman botani di California Utara dibuat takjub dengan keberadaan sebuah bunga unik yang kerap tumbuh di daerah Sumatera, apalagi jika bukan Bunga Bangkai. Ternyata bunga yang biasa hidup di daerah tropis ini, rupanya bisa hidup di negeri empat musim.

Bunga langka ini untuk pertama kalinya mekar di negeri empat musim ini, Selasa 29 Juni lalu. Sontak hal ini menimbulkan kekaguman warga California yang mengunjungi taman botani di University of California.

Seperti dilansir Yahoo News, Sabtu (3/7/2010), bunga asal Sumatra yang berumur 15 tahun ini hanya terdapat beberapa ratus saja di dunia. Kebanyakan bunga tersebut berada di taman botani, seperti di University of California, dan Berkeley Botanical Garden yang memiliki sekira selusin tanaman.

Bunga unik ini memiliki kelopak berbentuk hati selebar hampir satu meter dengan tinggi benang sari sekira 1,2 meter. Tidak hanya itu, bunga dengan nama latin Amorphophallus titanium ini menyebarkan bau menyengat, seperti bunga bangkai yang banyak ditemukan di Indonesia. Karena baunya itulah, bunga ini pun mengandalkan lalat untuk proses penyerbukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post