Kamis, 04 Agustus 2011

TIPS MENGHILANGKAN BAU BADAN



Bau badan memang sangat mengganggu buat kita dan siapapun yang mengalami bau badan pasti menjadi kurang percaya diri. Bau badan juga macam-macam penyebabnya seperti contoh pakaian yang kurang bersih, makanan yang kita makan, dan keringat. Saat bau badan datang Anda tidak bisa menyalahkan parfume atau minyak wangi yang Anda beli karena bau badan memang berasal dari tubuh Anda. Untuk mengurangi atau menghilangkan bau badan ada caranya yaitu :

1.  Cucilah pakaian Anda sampai benar-benar bersih.

 
Terkadang kita menemukan pakaian yang telah kita cuci dan kering tetapi masih bau. Nah hal itu disebabkan  karena kita kurang bersih mencucinya, baju yang kita pakai terdapat keringat dan bakteri penyebab bau badan. Jika bakteri ini tidak hilang saat pencucian maka bakteri ini akan bertambah dan menyebabkan bau taksedap pada baju. Selain itu juga kita harus benar-benar memeriksa apakah sabun atau deterjen yang kita gunakan benar-benar telah hilang. Hal ini dikarenakan, sisa-sisa sabun yang yang masih terdapai di baju akan terkontaminasi oleh panas matahari dan menjadi bau yang pengap.

2.  Sering-seringlah mandi.

Orang yang jarang mandi pasti akan jauh lebih bau dari orang yang mandi. Hal ini dikarenakan jumlah keringat dan bakteri penyebab bau badan bertambah banyak karena tidak dihilangkan dengan mandi. Pada saat mandi pun kita harus menggosok seluruh badan kita sampai benar-benar bersih agar bakteri dan keringat yang menempel benar-benar hilang.

3.  Jangan merokok dan minum kopi.

Menurut penelitian, zat nikotin dalan rokok dan kafein dalam kopi dapat menghasilkan senyawa zat yang mengakibatkan bau badan. Zat ini diserap oleh badan dan dikeluarkan ke kulit melalui keringat. Inilah mengapa terlalu banyak merokok dan minum kopi dapat menyebabkan bau badan.


4.  Kurangi makanan yang mengandung rempah, minyak, dan junk food.

 
Bagi orang Asia Selatan, Timur Tengah atau Asia Tenggara makanan yang mengandung rempah sangat digemari. Walaupun makanan yang mengadung rempah itu sangat lezat tetapi makanan ini bisa menimbulkan bau badan karena seperti kita ketahui rempah dan minyak memiliki bau yang menyengat. Bau ini akan dikeluarkan ke kulit melalui keringat. Makanan yang tergolong junk food juga disinyalir bisa menimbulkan bau badan.
5.  Perbanyak makan buah dan sayuran.


Buah dan sayuran tidak memiliki bau yang menyengat dan kaya akan kandungan zat yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu buh dan sayuran memiliki zat untuk mengurangi bau badan karena memiliki zat yang baik buat kulit dan membuat kulit harum. Oleh karena itu banyak jenis buah yang dijadikan bahan pembuatan pewangi dan sabun.

6.  Gunakan tawas atau deodoran

Tawas berbentuk seperti batu batu dan berwarna bening keputihan. Tawas ini bisa Anda gunakan sebagai deodoran sesudah mandi atau sebelum beraktifitas.
 

7.  Minum ramuan Daun Beluntas.

Cara ini sudah dikenal dari zaman nenek moyang. Menurut penelitian daun beluntas mempunyai zat yang berfungsi sebagai antibactarial Cara yang biasa dilakukan adalah sebagai berikut :
-          Bahan           : 100 gram daun beluntas, 1 liter air, madu atau gula jawa, kunyit.
-          Cara                : parut kunyit hingga halus lalu ambil sarinya. Rebus daun beluntas dengan 1 liter air, lalu campurkan sari kunyit dan madu atau gula jawa. Tunggu sampai mendidih lalu diminum 1 gelas per hari.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post