Sabtu, 06 Agustus 2011

TIPS MEMILIH MEMORY CARD UNTUK KAMERA

Kapasitas memory card telah mengalami peningkatan yang sangat pesat akhir-akhir ini. Saya ingat dulu kapastias maksimal memory card hanya sebatas 8GB. Sekarang sudah muncul memory card kapasitas tinggi 16 - 32GB, bahkan yang terbesar saat ini kapasitasnya 128GB. Jadi, memory card mana yang paling cocok untuk kebutuhan anda? simak uraian berikut ini.

Pada umumnya kamera pocket maupun digital-SLR menggunakan memory card tipe compact flash (CF) atau SD card sebagai media penyimpanan. CF saya lihat sudah turun pamornya mengingat model kamera keluaran baru sudah menggunakan SD atau memory stick sebagai media storagenya.

Selain kapasitas, yang perlu anda perhatikan dalam memilih memory card adalah kecepatannya. Dipasaran banyak tersedia memory card dengan beragam speed tapi kapasitas yang sama. Jadi jangan heran kalau anda menemukan 2 memory card yang sama kapasitasnya namun harganya selisih 2x lipat.


Kecepatan pada memory card dinyatakan dalam class.
Selain class, kecepatan suatu memory card juga di lampirkan dalam satuan MBps (megabyte per second), misalnya 30MB/s yang artinya dalam 1 detik, memory card tersebut sanggup mentransfer data sebesar 30MB.
Ada juga yang menampilkan satuan kecepatan dalam x, misalnya speed 133x. Semua angka tersebut, makin tinggi maka makin cepat memory cardnya. Semakin mahal pula harganya... :D

Jika anda mengharapkan delay yang singkat untuk menyimpan file ke storage, maka pilihlah memory card dengan memprioritaskan kecepatannya.
Memory card yang cepat juga diperlukan bagi anda yang hobi merekam video HD dengan DSLR. Jika tidak, maka hasil rekaman anda akan patah-patah karena kecepatan memory card tidak bisa mengimbangi kecepatan file yang masuk.

Namun jika anda tidak mempedulikan delay ketika file di write ke storage, maka pilihlah memory card dengan memprioritaskan kapasitasnya.

Kalau budget tidak masalah bagi anda, lebih baik memilih memory card yang kapasitasnya besar dan juga cepat.

Sekian dulu tips dari saya, semoga anda bisa memilih memory card sesuai kebutuhan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post