Jumat, 29 Juli 2011

TIPS MENJUAL PRODUK DI INTERNET

tips menjual produkInternet memiliki multi fungsi. Tidak hanya sebagai tempat untuk mencari informasi yang kita inginkan saja. Tapi internet juga bisa dijadikan media untuk mempromosikan atau menjual produk. Bahkan tidak hanya untuk menjual Produk online seperti sofware, ebook, dan lain-lain tapi juga bisa menjual produk offline seperti sepatu, baju, obat-obatan, dan lainnya. Jadi yang offline bisa kita onlinekan. Produk yang sering kita temukan di darat bisa kita jual di dunia maya internet. Bahkan tidak jarang kita temukan para pengusaha baik kecil, menengah atau dalam sekala besar, sekarang, sudah memanfaatkan internet sebagai tempat untuk berjualan. Seperti saya. Menjual pulsa dengan mencari agen-agen pulsa elektrik. Pulsa kan produk offline. Kemudian juga jualan obat kuat khusus untuk pasutri harmonis. Obat kuat itu adalah produk offline lalu kita jual secara online. Hasilnya tentu saja luar biasa.
Bagaimana menjual produk di internet? Berikut ni saya akan paparkan pengalaman saya menjual produk di internet khusus untuk produk offline saja. Sedangkan menjual produk online nanti aja dech saya postingkan insya Allah.

1. Memiliki web atau blog.
Internet tanpa web atau blog, oww, ketinggalan zaman. Memiliki web bagi orang sering buka internet seakan merupakan suatu keharusan. Apalagi bagi orang yang ingin menjual suatu produk di internet. Web di internet bisa kita gunakan yang gratisan atau bahkan berbayar. Tentu saja yang gratis dan berbayar memiliki perbedaan mendasar. Yang jelas orang akan lebih mempercayai ( tidak 100% juga loh ) yang berbayar dari pada yang gratis.

2. Promosi secara berkala
Setelah memiliki web atau blog apakah sudah pasti akan ada yang membeli? Tunggu dulu sobat. Tidak serta merta setelah web dab blog sudah selesai anda buat langsung enak tiduran. Yang anda harus lakukan adalah mengenalkan web atau blog dengan cara mempromosikannya. Promosi bisa dilakukan di banyak tempat di internet. Salah satu yang saya suka adalah pasang iklan baris gratis. Saya punya listnya untuk mempromosikan web di iklan baris. Saya pernah tulis tuh artikel yang berjudul web iklan baris gratis terbaik seo frienldy. Silahkan buka-buka lagi ya.

3. Servis atau pelayanan
Jangan dianggap bahwa menjual produk secara online tidak memerlukan pelayanan yang baik. Kepuasan pelanggan tetap harus dinomorsatukan. Jika mereka puas dengan pelayanan kita maka mereka akan terus membeli dan order produk yang kita jual.”Pembeli atau konsumen adalah raja” begitu khan pepatah lama mengatakan. Jadi semaksimal mungkin kita wajib memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Untuk itu bagi anda yang ingin menjual produknya di internet maka wajib hukumnya untuk menjelaskan secara detail nama, alamat dan kontak. Saya yakin jika anda menjual produk di internet, maka para pelanggan akan melakukan kontak terlebih dahulu sebelum melakukan pemesanan. Begitu mereka positif melakukan order segera kirimkan produk yang mereka inginkan. Cepat dan tepat sangat penting dalam sebuah penjualan. Jangan biarkan pemesan menunggu lama pengiriman barang. Bila barang dikirim maka pemesan tinggal menunggu barang sampai.

4. Kepercayaan
Kepercayaan dalam sebuah bisnis atau penjualan barang adalah syarat penting yang harus dipenuhi agar produk anda akan terus mendapatkan pelanggan. Artinya kepercayaan terhadap kualitas produk dan pelayanan yang baik adalah kunci agar bisnis anda menjadi bisnis yang awet. Karena kalau orang sudah percaya maka yang terjadi adalah repeat order atau pemesanan secara berulang-ulang. Di sinilah bisnis yang awet namanya. Apakah anda berbisnis hanya untuk satu hari saja? Saya yakin anda menginginkan bisnis yang bisa jalan sampai ke anak cucu khan? He he he. Untuk itu bangun kepercayaan dengan baik.

5. Berikan Diskon
Saya sering memperhatikan para penjual di pasar. Ada yang menjual pisang goreng, menjual sayuran, menjual baju, dan lain-lain. Yang sering diminta oleh pembeli adalah ” bisa kurang nggak harganya?”. Berarti mereka minta diskon/potongan. Apakah ini wajib ? Ya semua tergantung anda sich. Tapi kan diskon tidak hanya memotong harga barang. Diskon bisa juga berupa pembebasan biaya ongkos kirim jika order / pemesanan produk dalam jumlah tertentu. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post