Senin, 11 Juli 2011

TEKNOLOGI DAUR ULANG URIN MENJADI AIR MINUM DI PESAWAT LUAR ANGKASA ATLANTIS

Astronot Atlantis minum minuman kesehatan dari urin.Tapi jangan jijik dulu, urin yang ini sudah menjadi minuman kesehatan.

NASA memenuhi kebutuhan gula para astronotnya dengan me-recycle limbah biologis manusia yaitu urin. Minuman kesehatan untuk astronot ini dibuat dari urin dengan bantuan teknologi
forward osmosis.
Pesawat luar angkasa Atlantis

Teknologi penyaring urin yang sudah ada katanya boros listrik. Lagipula kapal jadi berat kalau harus membawa-bawa limbah urin. Tapi NASA punya cara mengubah urin menjadi minuman yang mengandung gula dalam waktu beberapa jam saja, yakni menggunakan jarum suntik yang dipasang pada kantung penampung urin. Cara ini terbilang lebih mudah ketimbang harus menciptakan teknologi baru untuk menyaring.

Proses pengolahan limbah yang baru lebih sederhana. Cairan disedot dengan alat semacam jarum suntik melalui suatu katup berbentuk T. Di ujung katup itu ada wadah, limbah urin dimasukkan ke situ dengan jarum suntik tadi.Dalam waktu 4-6jam, urin itu akan jadi minuman warna kuning mirip air jeruk.

Kabarnya sistem daur ulang ini menghabiskan biaya US$250 juta. Perangkatnya sudah disiapkan untuk menemani penerbangan astronot Atlantis hari ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post